2nd Bogor Economic Summit

Diposting pada : 16 May 2013Oleh: Admin

Kota Bogor telah menyelenggarakan 2nd Bogor Economic Summit (2nd BES) pada hari Kamis, 16 Mei 2013 di IPB International Convention Center dengan mengambil tema “Sinergitas Peningkatan Iklim Investasi Untuk Membangun Bogor Raya”. Penyelenggaraan 2nd BES ini sebagai salah satu implementasi Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Bogor dan Pemerintah Kota Bogor Nomor 570.2/635-BPT dan Nomor 119/03-BPPT-2010 tentang Penanaman Modal.
2nd BES merupakan pertemuan pelaku bisnis dan pejabat pemerintah daerah dari Kota dan Kabupaten Bogor, yang juga mengundang pelaku bisnis dari Jakarta. Target penyelenggaraan 2nd BES tahun ini adalah berupaya  meng-create Peluang Investasi Kota dan Kabupaten Bogor untuk meningkatkan penanaman modal Bogor Raya, terutama di bidang pariwisata dan kebudayaan.
Acara BES ini dibuka oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan,  dihadiri oleh Bupati Bogor, Wakil Walikota Bogor, Ketua DPRD Kabupaten dan Kota Bogor beserta Para Ketua Komisi, Unsur Muspida Kabupaten dan Kota Bogor, Kepala Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah II Provinsi Jawa Barat, Para Rektor Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta se Bogor, Para Sesepuh dan Budayawan Bogor, Para Kepala SKPD terkait Kabupaten dan Kota Bogor, Ketua KADIN Kabupaten dan Kota Bogor, Para Sponsor (Bank BJB, Nutrifood, Biznet, PT. Jungle Land Asia, PT. Perfetti Van Melle Indonesia, PT. Kreasi Mas Indah, dan PT. Galenium Pharmasia Laboratories), Para Ketua Asosiasi Pengusaha Kabupaten dan Kota Nogor (ASITA, IWAPI, PHRI, HIPMI), dan para tamu undangan lainnya.
Banyaknya tamu undangan yang hadir, merupakan salah satu indikator kesuksesan acara 2nd BES. Dari target 250 orang, tercatat hadir lebih dari 300 orang. Kesuksesan 2nd BES juga terlihat dari banyaknya liputan media, baik media cetak maupun elektronik, yang meliput acara 2nd BES ini dari awal sampai akhir, dengan sukarela, tanpa diminta.
Pada forum 2nd BES ini, Wakil Walikota Bogor dan Bupati Bogor menjadi pembicara utama. Selain itu, turut pula hadir narasumber dari BKPM RI, KADIN Indonesia, dan Rektor IPB, serta Elang Gumilang, salah satu pengusaha muda Bogor yang sukses. Acara ini dikemas dalam bentuk talkshow. Forum dialog ini menjadi jembatan penting bagi para pelaku usaha untuk mengetahui berbagai kebijakan pengembangan pariwisata di Bogor Raya.